Keuntungan dan Kerugian Berbelanja di Toko Baju Muslim Online

20 Mar 2016

Trend berhijab saat ini tengah booming di kalangan wanita muslim Indonesia. Entah hanya mengikuti model atau apa, namun hal ini menjadi indikasi yang baik karena ternyata banyak wanita muslim yang telah sadar akan syariat agamanya. Hal tersebut ternyata juga membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan konveksi. Tidak hanya menjual barang dagangannya secara konvensional, toko baju muslim online juga mulai marak ditemukan di internet. Beberapa pedagang mengaku, berjualan secara online jauh lebih mudah dibandingkan harus membuka toko atau kios. Selain modalnya tidak terlalu besar, berjualan dengan memanfaatkan teknologi internet dapat memudahkan pedagang untuk melakukan promosi secara luas serta memungkinkan untuk menemukan calon pembeli yang berasal dari lokasi yang cukup jauh.

Berbelanja baju di toko baju muslim online memang memberikan lebih banyak keuntungan baik bagi penjualnya, maupun bagi pembelinya sendiri. Salah satu keuntungan yang dirasakan penjual adalah barang dagangannya memiliki kemungkinan untuk dijual hingga ke pelosok nusantara. Bahkan bukan hal yang tidak mungkin apabila baju muslim yang dijual juga diminati oleh negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Sedangkan bagi pembeli, manfaat yang dirasakan adalah tidak perlu repot-repot untuk mengunjungi toko atau butik yang tentu saja memakan waktu di perjalanan. Selain itu, berbelanja di internet juga lebih mudah dalam hal melakukan perbandingan harga antara satu toko dengan toko yang lainnya.

 

Selain keuntungan, berbelanja di toko baju muslim online terkadang juga membawa musibah tersendiri bagi penjual dan pembelinya. Tidak jarang, pembeli terkena kasus penipuan karena barang yang sudah dibayarnya tidak kunjung datang ke rumah. Kasus penipuan ini ternyata tidak hanya terjadi pada pembeli, namun banyak penjual yang juga mengalami hal serupa. Modus dari kasus ini adalah beberapa oknum pembeli melakukan edit resi pembayaran palsu dan kemudian mengirimkannya pada penjual. Kerugian lain yang sering dirasakan pembeli adalah baju yang dibeli terkadang tidak sesuai dengan apa yang dilihatnya dalam gambar, sehingga setelah menerima barang akan merasakan kekecewaan terhadap kualitas baju yang diterima. Beberapa kasus tersebut menunjukkan bahwa melakukan jual-beli di internet juga harus disertai kehati-hatian baik oleh penjual maupun pembeli.


TAGS toko baju muslim online


-

Author

Follow Me