Pengertian tentang senjata pemusnah Bumi (Large Hadron Collider)

2 Mar 2016

Large Hadron Collider (LHC) adalah yang terbesar dan yang paling kuat partikel collider dunia, yang terbesar, fasilitas eksperimental yang paling kompleks yang pernah dibangun, dan mesin tunggal terbesar di dunia.

 

large hadron collider

Hal ini dibangun oleh Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir(CERN) antara tahun 1998 dan 2008 bekerja sama dengan lebih dari 10.000 ilmuwan dan insinyur lebih dari 100 negara, serta ratusan universitas dan laboratorium. ini terletak di sebuah terowongan 27 kilometer (17 mil) lingkar, sedalam 175 meter (574 ft) di bawah France-Swiss perbatasan dekat Jenewa, Swiss. Penelitian pertama diadakan berlangsung dari 30 Maret 2010 hingga 13 Februari 2013 pukul energi awal 3,5 teraelectronvolts (TEV) per balok (7 TeV total), hampir 4 kali lebih banyak dari rekor dunia sebelumnya untuk sebuah collider, naik ke 4 TeV per balok (8 TEV keseluruhan) dari 2012. Pada tanggal 13 Februari 2013 LHC menjalankan pertama kali secara resmi berakhir, dan itu ditutup untuk upgrade direncanakan. tabrakan ‘Test’ ulang di collider ditingkatkan pada 5 April 2015, mencapai 6,5 TeV per beam pada 20 Mei 2015 (13 TeV total, rekor dunia saat ini). Penelitian kedua dimulai pada jadwal, pada 3 Juni 2015.

 

Tujuannya LHC adalah untuk memungkinkan fisikawan untuk menguji prediksi teori yang berbeda dari fisika partikel, fisika energi tinggi dan khususnya, untuk lebih menguji sifat Higgs boson dan keluarga besar partikel baru diprediksi oleh teori supersymmetric, dan pertanyaan yang belum terpecahkan lainnya fisika, memajukan pemahaman manusia dari hukum-hukum fisika. Ini berisi tujuh detektor, masing-masing dirancang untuk beberapa jenis penelitian. Tabrakan proton-proton adalah metode operasi utama, tetapi LHC juga telah bertabrakan proton dengan inti memimpin selama dua bulan pada tahun 2013 dan digunakan tumbukan antar timbal untuk masing-masing sekitar satu bulan pada tahun 2010, 2011, 2013 dan 2015 untuk investigasi lainnya.

 

LHC komputasi grid adalah (dan saat ini) pemegang rekor dunia. Data dari tabrakan diproduksi pada tingkat belum pernah terjadi sebelumnya untuk saat tabrakan pertama, puluhan petabyte per tahun, tantangan besar pada saat itu, untuk dianalisis oleh infrastruktur jaringan komputer berbasis jaringan yang menghubungkan 140 pusat komputasi di 35 negara - tahun 2012 Worldwide LHC computing Grid juga terbesar didistribusikan komputasi grid di dunia, yang terdiri lebih dari 170 fasilitas komputasi dalam jaringan di seluruh dunia di 36 negara.

 

Namun LHC juga memiliki dampak yang bisa memicu kiamat. Proyek LHC dinilai terlalu memiliki resiko yang sangat tinggi dangan kerumitan yang juga sangat tinggi karena dampak yang ditimbukan sangatlah merusak. Dampak terbesak dari kegagalan proyek ini adalah terciptanya Black Hole Mini yang sangat kuat sehingga dapat menyedot materi-materi di sekitar bumi. Sedangakan dampak terkecil dari LHC adalah terbentuknya lubang super besar yang di akibatkan dari ledakan reaktor tersebut.


TAGS large hadron collider


-

Author

Follow Me